BIMTEK DIKLAT NEED ASSESMENT DAN READINESS ASSESMENT AKREDITASI PUSKESMAS

“NEED ASSESMENT DAN READINESS ASSESMENT AKREDITASI PUSKESMAS”

INTRODUCTION :

Tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan upaya kesehatan, serta penerapan manajemen risiko, bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi. Pendekatan yang dipakai dalam akreditasi Puskesmas adalah keselamatan dan hak pasien dan keluarga, dengan tetap memperhatikan hak petugas. Prinsip ini ditegakkan sebagai upaya meningkatkan kualitas dan keselamatan dalam pelayanan.

Untuk menjamin bahwa perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan di Puskemas, diperlukan adanya penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan, yaitu melalui mekanisme akreditasi. Tujuan utama akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko. Tentu saja akreditasi ini bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

TRAINING OBJECTIVE :

Pelatihan Akreditasi Puskesmas berfokus pada tiga kelompok pelayanan yang diselenggarakan di Puskesmas dan sesuai dengan satandart/ sasaran dari akreditasi, yaitu kelompok Administrasi dan Manajemen (diuraikan dalam Bab I, II, dan III), kelompok Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) (diuraikan dalam Bab IV, V, dan VI) dan kelompok Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) (diuraikan dalam bab VII, VIII, dan IX). Masing-masing BAB terdiri dari kriteria-kriteria, dan dalam kriteria-kriteria tersebut terdapat Elemen Penilaian (EP). Secara keseluruhan terdapat 768 EP yang dipersyaratkan untuk dipenuhi sebagai instrument dalam penilaian Akreditasi Puskesmas.

Pelatihan disesuaikan dengan pendekatan-pendekatan yang lebih sederhana dan praktis, serta mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan institusi untuk meningkatkan manajemen data dan dokumen rekam medis, serta meningkatkan mutu informasi dan pelayanan yang lebih efektif – efisien.

TRAINING MATERIAL OUTLINE :

  1. Pengantar Akreditasi Puskesmas 2. Pembahasan Standart, Elemen Penilaian dan Dokumen Akreditasi

3. Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas (PPP) 4. Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas (KMP) 5. Peningkatan Mutu dan Manajemen Risiko (PMMR) 6. Upaya Kesehatan Masyarakat yang Berorientasi Sasaran (UKMBS) 7. Kepemimpinan dan Manajemen Upaya Kesehatan Masyarakat (KMUKM) 8. Sasaran Kinerja UKM (SKUKM) 9. Layanan Klinis yang Berorientasi Pasien (LKBP)

Manajemen Penunjang Layanan Klinis (MPLK) 10. Peningkatan Mutu Klinis dan Keselamatan Pasien (PMKP) 11. Analisis Kesiapan dan Kebutuhan dalam Akreditasi Puskesmas

WHO SHOULD ATTEND THIS TRAINING ? :

  1. Struktural/ SDM di Puskesmas (Unit Pelayanan, Tim Akreditasi dan Tenaga Medis/

Kesehatan Lainnya)

TRAINING METHOD AND TOOLS :

  1. Metode yang digunakan di traning ini : ceramah, diskusi/ FGD, studi kasus,

praktikum/ tutorial. 2. Alat yang digunakan di training ini : Laptop, Modem/ Wifi, dll.

TRAINING DURATION : 2- 4 Hari

INFORMASI JADWAL DAN TANGGAL PELAKSANAAN SILAHKAN KLIK http://www.pusdikipd.com/jadwal-diklat/

Program diklat bersertifikat ini sangat penting untuk diikuti oleh staf maupun pejabat pemerintah daerah seluruh Indonesia dalam rangka meningkatkan kemampuan dasar dan kemampuan teknis Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mendukung pelaksanaan perencanaan dan akuntabilitas kinerja pemerintahan.

Ketentuan :

Untuk konfirmasi kepesertaan, mohon untuk mengisi formulir terlampir dan mengirimkannya ke kantor Sekretariat Diklat PUSDIKIPD   melalui Fax : 021 –  21202049 atau via e-mail info@pusdikipd.com selambat-lambatnya 1 Hari Sebelum Sebelum Kegiatan

Biaya penyelenggaraan Bimtek / Diklat  tersebut dibebankan kepada APBD/APBN masing – masing peserta   sebesar @ Rp 4.500.000,- ( Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah )

Biaya Diklat, bimtek, pelatihan dan pendidikan yang tercantum sudah termasuk :

  • Penginapan selama 4 hari 3 malam
  • Biaya Kelas
  • Modul, tas, materi/makalah
  • CD materi
  • Sertifikat Diklat, Bimtek, Pelatihan dan Pendidikan
  • Konsumsi/coffee break selama pelatihan berlangsung
  • Antar Jemput Bandara Bagi Peserta rombongan Minimal 5 Orang

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Diklat dapat diperoleh melalui Kantor  PUSDIKIPD

, telp: 021 – 21202049 HP: 08118789991 – 081316079019 – 021 – 3501999

atau via e-mail: info@pusdikipd.com

Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya kami  PUSDIKIPD Menguucapkan terima kasih.

Categories: Bimtek Bidang Kesehatan Dan Rumahsakit,Bimtek Diklat Pilihan

Tags: ,,

Comments are closed

error: Content is protected !!